Terapkan P5 Melalui Gebyar Kelas “AKBAR”

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.


Sebagai tindak lanjut dalam penguatan projek, SMK Negeri 2 Sukorejo melaksanakan suatu event yang diberi nama “Gebyar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)” dengan mengambil Tema “Kelas AKBAR” yang artinya kelas Aktif, Kreatif, Bersih, Asri dan Rapi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 pekan, dimulai tanggal 21 November - 2 Desember 2022, Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun kreativitas bagi peserta didik khususnya kelas X tahun ajaran 2022-2023 agar mereka memiliki pengalaman belajar yang baru, sehingga dapat mengembangkan pikiran atau ide-ide baru, dan tentunya mereka akan menghasilkan produk yang mereka buat sendiri dengan memanfaatkan barang-barang bekas.


Puncak kegiatan pada kegiatan P5 adalah pameran seni rupa yang dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2022 sekaligus pengumuman juara lomba kelas AKBAR , yang bertempat di Aula SMK Negeri 2 Sukorejo. Pameran seni rupa ini ditujukan untuk mengaperasiasi hasil karya peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Sukorejo, agar nantinya bisa mengembangkan sekaligus mampu berkarya dan bermanfaat bagi orang lain.


Tujuan dari P5 dalam Kurikulum Merdeka yaitu menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif. Selain itu, diharapkan peserta didik dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan. Hal tersebut selaras dengan visi pendidikan Indonesia, yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.